KKN-PPL Terpadu UNM : Tiga Bulan Menggalakkan Ilmu di SMA Negeri 1 Takalar

Pada  pertengahan  bulan September  2020, sebanyak 7 orang mahasiswa KKN-PPL Terpadu disambut di SMA Negeri 1 Takalar. Kehadiran tersebut tentunya merupakan bagian dari sebuah program kerjasama dan kolaborasi Lembaga penyelenggara Pendidikan. Datang dari beberapa rumpun keilmuan yang berbeda, menjadi nilai tambah untuk bisa melakukan kolaborasi dalam melaksanakan program kegiatan  yang lebih kreatif dan inovatif. Terdapat empat program kerja utama yang dicanankan oleh mahasiswa KKN-PPL Terpadu SMAN 1 Takalar, yaitu :

  1. Sekolah Riset
  2. Pembuatan Program dan Sistem Komputasi Pemilihan Ketua Osis
  3. Pelatihan Pengelolaan Administrasi Sekolah
  4. Penataan Lapak Baca dan Mural

Keempat program di atas tentunya bukan tanpa alasan untuk dilaksanakan, melainkan sudah menjadi kebutuhan dalam lingkup SMA Negeri 1 Takalar. Selain itu, para mahasiswa juga melaksanakan kegiatan PPL (Program Pengalaman Lapangan) yang tentunya merupakan bentuk realisasi keilmuan yang didapatkan dari pelaksanaan Pendidikan di perguruan tinggi. Terdapat  5 Jurusan/Prodi yang melaksanakan kegiatan PPL-nya di SMA Negeri 1 Takalar, diantarnya sebagai berikut :

1.     Rinaldi Saputra (Teknologi Pendidikan)
2.     Asriwan (Pendidikan Matematika)
3.     Karmila (Pendidikan Sosiologi)
4.     Kasmawati (Pendidikan Kimia)
5.     Nabilatul Adawiyah (Pendidikan Seni Rupa)
6.     Muhammad Fajar (Pendidikan Antropologi)
7.     Irna Sarwina Muis (Pendidikan Matematika)

Dalam pelaksanaan setiap  kegiatan  tentunya harus didasari oleh kebutuhan dimana tempat kegiatan akan dilaksanakan, hal tersebut sebagai  bentuk  progresifitas dan produktifitas yang relevan dengan problem yang sedang dihadapi. Dari hasil pengamatan yang dilakukan, maka timbullah ide untuk menggagas empat program kerja yang akan dilaksanakan selama berada di SMA Negeri 1 Takalar. Selain dari kerjasama antar mahasiswa, dukungan dan kolaborasi dengan pihak sekolah menjadi hal yang paling menentukan keberhasilan pelaksanaan setiap program kerja yang dilaksanakan. Alhasil selama 3 bulan berada di SMA Negeri 1 Takalar,  tiga program kerja dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan harapan kami pada saat merencanakan program tersebut, dengan kata lain hanya ada satu program lainnya yang sedikit mendapat kendala pada proses pelaksanaanya. 

Selain itu ada kegiatan-kegiatan lain di luar program kerja yang telah dilaksanakan. Tentunya  ada titipan harapan KKN-PPL Terpadu setalah pada tanggal 23 Desember 2020 telah dilakukan pelepasan secara simbolis oleh perwakilan pihak sekolah. Menjadi sekolah yang jauh lebih unggul, berintegritas, serta mampu melaksanakan kegiatan pendidikan yang berorientasi pada  tujuan pendidikan, baik tujuan kurikuler, tujuan intruksional, tujuan kelembagaan sekolah, serta mencapai tujuan pendidikan nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi harapan kita semua. 

Ucapan terima kasih yang sedalam dalamnya kepada pihak sekolah yang telah menerima kami berada di lingkungan yang penuh dengan kekeluargaan, lingkungan akademik yang sangat baik, serta lingkungan yang selalu menjunjung nilai-nilai progresif dalam membangun kelembagaan sekolah. Tentunya  banyak perihal positif yang kami dapatkan selama berada di SMA Negeri 1 Takalar. 

Permohonan maaf juga kami sampaikan kepada semua civitas akademika SMA Negeri 1 Takalar  selama kami melaksankan KKN selama 3 bulan. Tak banyak yang bisa kami berikan kepada sekolah, namun kami tetap berharap bahwa apa yang sudah kami laksanakan bisa memberikan  manfaat kepada pihak sekolah. 

Anti Kopas