7 Tips Membangun Wibawa dalam Public Speaking

Pixabay.com/Mohamed_Hassan



Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu softskill yang sangat dibutuhkan di tempat manapun, baik di lingkungan sekitar, sekolah, hingga ke dunia kerja. Membangun hubungan yang efektif dengan orang lain tidak bisa kita lakukan tanpa adanya komunikasi. Bisa dikatakan bahwa komunikasi adalah salah satu kunci keberhasilan dari segalanya. Oleh karena pentingnya kemampuan berkomunikasi, Pada kali ini akan dibahas mengenai beberapa tips berkomunikasi pada konteks membangun kewibawaan, ini bisa kamu praktekkan saat melakukan presentasi atau diskusi di sekolah, kampus, atau mungkin saat rapat di kantor.  Langsung saja berikut 7 tipsnya:

1. Biasakan Menggunakan Data

Hal utama dan terpenting dalam sebuah  isi informasi adalah kebenarannya,  dan dasar dari kebenaran adalah fakta. Apakah sesuai antara apa yang disampaikan dengan apa yang sebenarnya terjadi, itulah pentingnya menyampaikan sesuatu dengan data. Biasa kita saksikan orang-orang yang terlibat dalam sebuah diskusi atau perdebatan, meminta data sebagai bentuk klarifikasi atas kebenaran suatu informasi.

2. Kuasai Konteks Pembicaraan

Penguasaan konteks atau materi akan menjadikanmu lebih terlihat meyakinkan pada saat menyampaikan isi informasi dari setiap kalimat yang kamu sampaikan,  tak hanya itu, penguasaan materi akan membuatmu lebih mudah dalam membuat konstruksi kalimat, sehingga tidak perlu lagi berpikir keras untuk menghasilkan susunan hingga silogisme antar kalimat dalam menghasilkan kalimat yang bermakna. 

3. Sampaikan dengan Lugas 

Saat menyampaikan argumentasi, sampaikanlah dengan tegas dan tidak berbelit-belit. Hal ini agar orang  yang mendengarkan kamu saat berbicara mudah untuk memahami apa yang kamu sampaikan, serta perhatian mereka tetap fokus pada isi pembicaraan, karena poin demi poin mereka bisa maknai dari cara menyampaikanmu yang langsung to the point.

4. Maksimalkan Pemilihan Kata 

Perhatikan kata per kata dalam setiap kalimat yang kamu sampaikan, pemilihan kata yang salah atau kurang pas dengan konteksnya akan berpengaruh pada makna dan pemaknaan oleh orang lain terkait apa yang kita sampaikan. Hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan konsepsi antara orang yang berbicara (Komunikator) dengan orang yang mendengarkan (Komunikan).

5. Berbicaralah dengan Tenang

Ketenangan biasanya dipandang oleh orang sebagai bentuk kewibawaan. Dengan kata lain, ketika kamu tenang saat berbicara, maka kamu akan terlihat lebih berwibawa di depan orang lain, selain itu, secara tidak langsung orang akan berpikir bahwa kamu menguasai konteks pembicaraan dengan matang.

6. Perhatikan Batasan Konteks

Salah satu hal yang tidak boleh luput dari perhatianmu adalah konteks pembicaraan, keluar jauh dari konteks bisa menyebabkan hal yang fatal, karena akan berpengaruh pada perhatian dan fokus orang yang mendengarkan. Tetapi hal tersebut bukan berarti tidak boleh, kadang kita perlu menggunakan ilustrasi lain untuk mencontohkan, membuat analogi atau mungkin membandingkan dua konteks, dengan catatan bahwa pembicaraan tidak terlalu jauh di luar batas koridor apa yang sedang dibicarakan.

7. Menghargai Setiap Orang

Ketika kamu mampu menghargai orang lain, teman diskusi, atau mungkin lawan debat, sebenarnya itu merupakan hal yang luar biasa. Mengapa demikian? karena dalam pembicaraan, menghargai lawan bicara adalah salah satu hal terpenting dan esensial yang harus dilakukan, karena  tidak semua orang mampu untuk melakukannya. 


Itulah beberapa tips public speaking yang bisa kamu praktekkan agar lebih meyakinkan dan  terkesan berwibawa. Semoga bermanfaat!


Anti Kopas