Mengenal Konsep Umum Asesmen Nasional dan Jadwal Pelakasanaannya


Pada tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  menetapkan sistem evaluasi baru yaitu Asesemen Nasional, yang merupakan sistem evaluasi untuk membuat baseline atau pemetaan tentang mutu pendidikan di tiap sekolah. Berbeda dengan ujian nasional, asesmen nasional tidak lagi mengukur pencapian individu siswa di sekolah, tetapi lebih kepada sistem pendidikan yang secara konseptual memiliki ruang lingkup yang lebih holistik, karena akan mengukur semua elemen pendidikan yang berada dalam sistem tiap-tiap unit pendidikan tersebut. Selain itu, perbedaan antara asesmen nasional dan ujian nasional teletak pada format soal, komposisi soal, konteks, dan format jawaban.

“Perubahan mendasar asesemen nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan” ujar Nadiem Makarim melalui kanal youtube KEMENDIKBUD RI (07/10/2020)

1. Bagian  Asesmen Nasional

  • Asesmen Kompetensi Minimum: Kompetensi mendasar dari sebuah proses pendidikan adalah kemampuan literasi dan numerasi, AKM bertujuan untuk memetakan informasi tentang taraf dan tingkat kemapuan berpikir siswa dalam dua hal tersebut secara mendalam. AKM diharapkan mampu digunakan untuk menjawab tantangan siswa Indonesia dalam menyelesaikan soal-soal setingkat PISA (Programe International Student Asesment), sehingga indeks peringkat Indonesia tidak lagi jauh tertinggal dari negara lain.

  • Survei karakter : Survei karakter bertujuan untuk mengumpulkan informasi terkait pada sikap, nilai dan kebiasaan siswa di lingkungan sekolah. Hal ini digunakan untuk membentuk profil pelajar pancasila yang beriman dan bertakwa kepada tuhan, bernalar kritis, kreatif, mandiri, gotong royong, serta memiliki jiwa kebinekaan global.

  • Survei lingkungan belajar: Survei lingkungan belajar mengukur 5 hal, yaitu; Kualitas pembelajaran, kondisi keamanan sekolah, refleksi guru, perbaikan praktek pengajaran dan latar belakang keluarga murid.

 2.  Jadwa pelaksannaan Asesmen Nasional

Pelaksanaan asesmen nasional sempat dijadwalkan pada bulan maret 2021, namun mengalami penundaan dengan alasan untuk mempersipakan sarana dan prasarana serta mengoptimalkan protokol kesehatan. Pelaksanaan asesmen nasional baru akan dilangsungkan pada pada bulan September hingga Desember 2021.


Advertise the footer of the article

Anti Kopas