Cara Mudah Membuat Rotating Animation atau Animasi Berputar Pada Power Point

Power Point merupakan salah satu bagian  dari  program paket Microsoft Office. Program ini tentunya sering kita jumpai di kelas, seminar, dan berbagai macam tempat dan kegiatan yang menyajikan suatu materi. Kemudahan pastinya akan banyak kita dapatkan dari program aplikasi ini. Selain membantu  menampilkan bahan tayang atau materi, power point juga bisa berfungsi untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada para audiens melalui penanyangan inti sari dari sebuah materi panjang, dengan kata lain power point digunakan untuk menampilkan ringkasan inti yang dianggap mewakili materi yang akan disampaikan.

Menanyangkan materi di power point tentunya bisa dilakukan oleh semua orang, namun  banyak juga yang mungkin belum mencoba beberapa fitur yang ada di dalamnnya, salah satu yang menarik adalah fitur animasi, dimana pada halaman kerja power point, ada empat jenis animasi yang bisa kita gunakan, yaitu:

  1. Entrance, untuk memberikan gerakan pada objek, seperti teks, gambar, atau shape pada saat akan masuk di tayangan slide presentasi kita. 
  2. Emphasis, animasi yang digunakan saat objek sudah tampil di slide presentasi kita tetapi untuk menghindari kebosanan audiens dan juga untuk menambah estetika saat penayangan slide presentasi, bisa kita gunakan jenis animasi yang berwarna kuning ini. Misalnya, perubahan warna teks secara bergantian.

  3. Exit, animasi yang digunakan untuk memberikan gerakan pada  saat objek menghilang  dari slide presentasi kita atau slide akan berganti objek.

  4. Motion path, animasi yang digunakan untuk menentukan arah gerakan objek presentasi kita. Misalnya gambar yang ingin kita gerakkan dari kanan ke kiri slide, atau sebaliknya kita juga bisa menentukan arah gerakan objek sesuai yang kita mau.
Itulah empat jenis animasi yang ada di Microsoft Power Point, sekarang bagaimana cara membuat rotating animation atau animasi berputar sederhana di slide presentasi kita, berikut cara lengkapnya:

1. Buka program aplikasi Power Point dan tampilkan halaman kerjanya.

2. Masuk ke menu insert dan tambahkan shape jenis circle:hollow dan rectangle, tempatkan seperti gambar di bawah ini, kemudia blok semua shape dengan perintah CTRL+A.
3. Masuk ke menu insert, klik merger shape dan pilih intesect atau subtract sesuai style yang diinginkan

4. Setelah langkah ketiga selesai, masuk ke menu animation/animasi, pilih animasi jenis emphasis yang berwarna kuning dan pilih spin.

5. Langkah terakhir atur effect option atau pengaturan animasinya pada bagian pada panel animasi/animation pane dan coba preview animasinya.

Itulah langkah-langkah membuat rotating animation sederhana di power point, semoga bermanfaat!

Advertise the footer of the article

Anti Kopas