3 Software Simulator Untuk Belajar Dasar-dasar Komputer

Pixabay.com/Free-Photos

Kemampuan mengoperasikan komputer saat ini seakan menjadi kompetensi wajib yang mesti dimiliki oleh semua orang. Perkembangan dunia teknologi khususnya dalam hal komputerisasi menuntut kita untuk selalu mengembangkan skill.  Berbicara tentang teknologi komputer, tentu banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai bekal hardskill kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Hal tersebut penting karena di banyak sektor kehidupan manusia sudah didominasi oleh penggunaan teknologi. Semakin banyak kita menguasai teknologi, semakin mudah juga kita menyesuaikan dengan perkembangan yang begitu pesat.

Dari hal tersebut, berikut beberapa program atau aplikasi komputer berbasis simulasi yang bisa digunakan untuk belajar mengembangkan skill, mulai dari simulator perakitan PC, instalasi sistem operasi, hingga pada kemampuan mengetik dengan teknik sepuluh jari.

1. IT Essential Virtual Desktop


Dok.Pribadi

Aplikasi simulator pertama adalah IT Essential Virtual Dekstop, disini kamu bisa belajar tentang perangkat keras komputer (Hardware), hingga melakukan perakitan komputer, memasang komponen komputer sesuai dengan letak dan tempatnya, hingga komputer kamu menyala dengan sempurna. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki keinginan belajar merakit komputer, tetapi masih merasa belum yakin jika dilakukan di komputer sungguhan.

2. Virtual Box

virtualbox.org
Aplikasi selanjutnya adalah Virtual Box. Kegunaan program aplikasi ini adalah  kita bisa melakukan instalasi perangkat lunak (software) secara virtual tanpa takut terjadi masalah pada sistem operasi kita yang sesungguhnya. Sebagai contoh, ketika kita ingin melakukan instalasi sistem operasi seperti windows ataupun bahkan linux bisa kita lakukan pada program ini, dengan basis virtualnya, kita bebas  belajar hingga mahir tanpa takut melakukan kesalahan instalasi.

3. Typer Shark Deluxe

Pexels.com/Cottonbro
Salah satu kompetensi penting saat ini adalah mengetik cepat, atau biasa diistilahkan dengan mengetik 10 jari. Menguasai kompetensi ini bisa membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Untuk kamu yang belum bisa, atau ingin meningkatkan kemampuan mengetik 10 jari, aplikasi Typer Shark Deluxe ini bisa menjadi pilihan. kamu bisa latih menggunakan perangkat komputer atau cukup dengan menggunakan laptop saja.

Itulah tiga software komputer yang bisa kamu coba untuk melakukan simulasi dan mengasah kemampuan dasarmu tentang komputer.


Anti Kopas