Berikut Asal Mula Nama Indonesia

Gambar: touropia.com

Perjalanan Panjang bangsa Indonesia telah tercatat dalam sejarah peradaban negara kesatuan Republik Indonesia. Perjuangan keluar dari zaman penjajahan adalah salah satu titik tolak memperjuangkan kehadiran bangsa serta negara merdeka, guna untuk melaksanakan kehidupan yang bebas dari penindasan. Kehadiran bangsa belanda selama kurang lebih tiga setengah abad (350 tahun), dan jepang selama tiga setengah tahun sangatlah menyimpan luka sejarah yang tentunya tak diinginkan oleh seluruh bangsa Indonesia. Akibat penjajahan tersebut, kejayaan kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia dahulu seakan runtuh seketika. Dalam berbagai sektor atau bidang seperti ekonomi , sosial, politik serta pertahanan keamanan beralih dikuasai oleh bangsa penjajah.

Dua kerajaan masa lalu yang menjadi bukti sejarah  awal pengenalan wilayah kepulauan nusantara sebagai tanah air bangsa Indonesia adalah kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Sebutan nusantara diberikan oleh pujangga  pada masa kerajaan Majapahit, yang kemudian berubah nama menjadi sebutan hindia belanda pada masa penjajahan belanda.

Pada tahun 1990 nama Indonesia menjadi lebih umum di kalangan akademik luar belanda, dan golongan nasionalis Indonesia  menggunakan nama Indonesia untuk ekspresi politiknya.

Indonesia sendiri berasa dari Bahasa latin indus dan nesos yang berarti  India dan pulau pulau. Indonesia merupakan sebutan yang diberikan untuk pulau-pulau yang ada di Samudra India   dan itulah yang dimaksud sebagai satuan pulau yang kemudian disebut  dengan sebutan Indonesia. (Setidjo, Pandji, 2009)

Kemudian sarjana Bahasa Indonesia petama yang menggunakan  nama Indonesia adalah sang pelopor pendidikan Indonesia, suwardi suryaningrat (Ki Hajar Dewantara)  ketika mendirikan kantor  berita di belanda  dengan nama Indonesisch  pers-bureau pada tahun 1913. 

Advertise the footer of the article

Anti Kopas