Memulai Blog Bagi Pemula (Daftar hingga Adsense)

Pixabay.com/Janeb13

Blogging (ngeblog) merupakan hal yang tak asing di era sekarang ini. Platform untuk menulis ini bisa kita gunakan untuk berbagi artikel dan menulis apa saja yang kita inginkan, serta bebas  melakukan publikasi ke dunia maya. Pilihan-pilihan jenis blog bisa kita sesuaikan  dengan minat dan keahlian kita. 

Ketika berselancar di dunia maya, misalnya kita ingin mencari artikel tentang tips di mesin pencari Google, sering kita melihat daftar blog yang berisi artikel-artikel yang bisa kita baca. Itu merupakan salah satu hasil dari kegiatan ngeblog atau bloging.  Teman-teman mungkin ada yang memiliki minat  untuk menulis artikel di blog tapi belum mengetahui dan memahami cara untuk memulainya. Pada kali ini untuk menjawab kendala tersebut akan dijelaskan tentang dasar-dasar dan cara memulai bloging.

Apa itu blog? 

Blog merupakan platform yang memuat informasi-informasi teks, gambar, audio, maupun video yang dipublikasikan melalui jaringan internet.  Saat ini banyak pilihan penyedia blog yang bisa kita gunakan sebagai peron utama untuk memulai suatu aktivitas blog. Pada kali ini saya akan memberikan tutorial untuk memulainya menggunakan blogspot. Simak langkah berikut ini:

Membuat Blog di Blogger.com

  1. Membuat akun google akun google
  2. Jika sudah membuat akun google login ke blogger.com, anda akan diarahkan ke halaman awal blogspot, klik buat blog atau login
  3. Masuk dengan menggunakan akun gmail yang sudah dibuat 
  4. Setelah masuk dengan akun gmail tadi, akan diarahkan untuk menuliskan nama blog yang akan tampil pada bagian header blog teman-teman. Disini saya masukkan nama Literatur Pendidikan, silahkan ubah sesuai dengan nama blog yang dikehendaki
5. Masukkan alamat blog yang akan jadi URL nanti saat dibuka melalui browser, misalnya literaturpendidikan.blogspot.com (nama blogspot bisa diubah dengan cara membeli nama domain di platform penyedia domain, seperti niaga hoster, hostinger, dan masih banyak yang lainnya.

6. Setelah memasukkan nama header blog dan alamatnya, akan langsung diarahkan ke tampilan kerja blog yang berisi beberapa menu, yang bisa digunakan untuk mulai menulis artikel atau konten blog, dan juga konfigurasi dari blog yang sudah kita buat.

Tampilan tersebut, menandakan blog kita telah selesai dibuat, tinggal membuat konten sebagai isi dari laman blog kita. 

Mengenal Menu yang Ada di Dashbord 

  1. Postingan : Menampilkan daftar konten yang telah dibuat pada tools postingan baru
  2. Statistik : Menampilkan jumlah pengikut blog, jumlah postingan dan komentar dalam kurun waktu tertentu
  3. Komentar : Menampilkan daftar komentar di setiap postingan, dan mengelola komentar, seperti menghapus 
  4. Penghasilan : Menampilkan statistik jumlah pemasukan yang didapatkan dari hasil pengintegrasian dari iklan (Adsense)
  5. Halaman: Hampir sama dengan postingan, halaman juga bisa digunakan untuk menulis artikel, hanya saja halaman tidak tampil di home page list postingan.
  6. Tata letak : Bisa dikatakan tata letak digunakan untuk mengatur tampilan dari blog kita, menampilkan widget, menghapus atau juga menambahkan sesuai dengan yang kita inginkan.
  7. Tema : Digunakan untuk mengubah jenis template blog ( Tampilan blog) baik melalui tema bawaan blog atau mengubah dengan template lain melalui edit HTML.
  8. Setelan: Melakukan konfigurasi dasar dan lanjutan blog.

Menyiapkan domain

Domain merupakan alamat tujuan yang digunakan sebagai identitas dari sebuah website, ketika ingin menuju ke sebuah halaman website, kita biasa menuliskan domain di kolom pencari search engine (Mis: www.literaturpendidikan.com) maka akan tampil webpage dari blog tersebut. Adapun beberapa pilihan yang bisa digunakan untuk membeli nama domain blog anda.
  1. Niaga Hoster
  2. Hostinger
  3. Domainesia
Ketiga penyedia nama domain tersebut hanya sebagai rekomendasi, masih banyak penyedia nama domain lain yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Jika anda anda belum merasa ingin membeli nama domain, silahkan menggunakan domain default blogger dengan ekstensi .blogspot di belakang nama domain anda www.literaturpendidikan.blogspot.com. Menghilangkan ekstensi default supaya blog lebih terlihat profesional dan tidak terlalu panjang.

Menyiapkan Tema 

Tema atau template blog akan memberikan tampilan menyeluruh dari blog anda. Untuk pengaturan awal, blogspot sudah menyediakan template bawaan yang bisa dipilih di bagian dashbord tema, tetapi jika ingin membuat tampilan yang berbeda dan sesuai dengan yang diinginkan, anda juga bisa menggunakan template pihak ketiga yang bisa didownload di internet. Jika anda bingung mau mencari tema blog, sora template dan templaify bisa anda kunjungi untuk mendapatkan tema secara gratis atau juga dengan membeli tema versi premiumnya. Perbedaan keduanya terletak pada fitur yang disediakan, template berbayar tentunya menyediakan fitur yang lebih dari template gratis.

Menulis Konten 

Setelah melakukan langkah sebelumnya, anda harus rutin membuat artikel blog dan mempublikasikannya ke dunia maya untuk membuat traffic blog anda dan untuk mendapatkan pengunjung blog. Perlu dipahami, setelah menuliskan artikel dan membuplikasikannya, jangan lupa melakukan inspeksi URL di Google web master atau Google Search Console agar artikel  terindeks oleh google sehingga ketika mencari artikel anda dengan menggunakan kata kunci tertentu, mesin pencari akan menampilkan blog anda di halaman google.

Meraih Pendapatan dari Blog

Pendapatan atau pemasukan pastinya menjadi hal yang diinginkan semua orang. Selain menulis artikel kita bisa mendapat pemasukan tambahan dari kegiaatan blog yang kita lakukan. Hal yang biasa digunakan oleh para bloger adalah mendaftarkan blognya dengan adsense atau iklan. Banyak pilihan penyedia iklan yang anda bisa jadikan sebagai alternatif. 
  1. Google Adsense
  2. Google Admob
  3. Propeller Ads
  4. Mgid
  5. Ad-Maven
Mendaftarkan blog ke situs iklan tentunya membutuhkan syarat dan ketentuan sesuai dengan situs iklan tersebut, seperti jumlah minimal postingan, kualitas postingan, jumlah pengunjung dan masih banyak yang lainnya. Jadi kesimpulannya, fokuslah membuat postingan sebanyak-banyknya dengan kualitas yang baik, barulah mencoba mendaftarkan ke situs iklan di atas tadi. 
 
Anti Kopas