Download Permendikbudristek Nomor 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional

Asesmen Nasional merupakan salah satu terobosan baru yang dicanankan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai pengganti Ujian Nasional yang sebelumnya digunakaan untuk menilai capaian belajar di satuan pendidikan.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga bentuk yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang digunakan untuk mengukur kompetensi literasi dan numerasi perserta didik, survei karakter yang digunakan untuk mengukur capaian karakter peserta didik sesuai dengan konsep pelajar pancasila, dan survei lingkungan belajar untuk mengukur efektifitas pada aspek lingkungan satuan pendidikan dalam memberikan dampak terhadap proses dan hasil pembelajaran peserta didik pada tiap satuan pendidikan.

Perbedaan mendasar antara asesmen nasional dan ujian nasional terlihat pada objek yang diukurnya, jika sebelumnya ujian nasional untuk mengukur capaian individu peserta didik, berbeda dengan asesmen nasional yang berfokus untuk memetakan permasalahan yang dihadapi secara institusional pada tiap lembaga pendidikan, kemudian dari hasil pemetaan itu dijadikan bahan perbaikan untuk meningkatkan mutu dan proses pembelajaran di sekolah.

Pelaksanaan asesmen nasional akan dilakukan pada tingkat pendidikan pendidikan dasar hingga menengah, serta program kesetaraan.

Apa itu pelajar pancasila?

Pelajar pancasila sebagaimana merupakan tujuan dari kegiatan survei karakter adalah perwujudan pelajar indonesia dalam menguasai tuntutan kompetensi global dan memiliki perilaku yang mencerminkan nilai-nilai pancasila. 

Adapun 6 sikap yang diharapkan dimiliki oleh pelajar pancasila adalah sebagai berikut:
  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
  2. Berkebinekaan global
  3. Gotong royong
  4. Mandiri
  5. Bernalar Kritis
  6. Kreatif

Siapa peserta Asesmen Nasional?

  1. Perwakilan peserta didik pada tiap jenjang pendidikan dengan rincian; peserta didik pada kelas 5 Sekolah Dasar, kelas 8 untuk Sekolah Menegah Pertama/sederajat, dan kelas 11 untuk Sekolah Menegah Atas/sederajat.
  2. Guru pada tiap satuan pendidikan
  3. Kepala Sekolah 

Darimana sumber anggaran pelaksanaan Asesmen Nasional?

  1. Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN)
  2. Anggaran dan pendapatan Belanja Daerah (APBD)
  3. Sumber lain  yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Itulah sedikit penjelasan tentang Asesmen Nasional, selanjutnya tentang dasar hukum asesmen nasional dapat didownload melalui PDF di bawah ini

Anti Kopas