Berikut Lembaga Pengganti BSNP yang Dibubarkan Kemdikbudristek

Tertanggal 31 Agustus 2021Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemndikbudristek),  resmi membubarkan salah satu lembaga yang bergerak dalam pelaksanaan dan pengawasan pendidikan nasional, yaitu Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Pembubaran tersebut didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan, Riset dan Teknologi  (Permendikbudristek) Nomor 28 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemdikbudristek. 

Secara spesifik, pembubaran BSNP termuat dalam pasal 334 yang berbunyi:

Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 96 Tahun 2013 (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 1335) tentang Badan Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 39 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 96 Tahun 2013 tentang Badan Standar Nasional Pendidikan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 1177), dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Sebelumya, BSNP bertugas untuk mengembangkan, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan yang ditetapkan keberlakuannya untuk semua satuan pendidikan.

Dengan dibubarkannya BSNP sebagai lembaga pelakasana dan pengawasan, Kemdikbudristek membentuk Lembaga pengganti yang diberi nama Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan sebagai Lembaga yang berada di bawah naungan Kemdikbudristek.

Dalam peraturan terkait, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan menyelenggarakan 7 fungsi dalam menjalankan tugasnya dalam menyusun standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan serta pengelolaan sistem perbukuan. Ketujuh fungsi tersebut adalah:

  • Penyusunan kebijakan di bidang standar pendidikan
  • Penyusunan kebijakan Teknis di bidang kurikulum dan asesmen pendidikan serta pengelolaan sistem perbukuan
  • Pelaksanaan penyusunan  standar, kurikulum, dan asesmen di bidang pendidikan
  • Pelaksanaan pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan
  • Pelaksanaan administrasi Badan, serta
  • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri.
    Lebih lengkapnya, dapat didownload melalui salinan berikut ini

Poin Penting 

  • Dasar hukum pembubaran BSNP : Permendikbudristek Nomor 28 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemdikbudristek pasal 334.
  • Perbedaan dalam hal otorisasi : BSNP bersifat mandiri dan independen, sedangkan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).
Anti Kopas